Definisi CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu
tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan
perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap
sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk
tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat
meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian
beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas
umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan
berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar
perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan
fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan
stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability
perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.
PT. Indofood Sukses Makmur TBK memiliki gagasan untuk
mengadakan penanaman pohon bagi anak SDN guna meningkatkan tingkat kecintaannya
kepada lingkungan. Akan diselenggarakan bertepatan dengan Hari Anak Nasional.
Ini suatu bentuk kepedulian PT. Indofood Sukses Makmur kepada masyarakat dan
lingkungannya sebagai salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility). Niat dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk
memberikan pendidikan dan kesehatan bagi lingkungan dan masyarakat. Mengapa
kami memilih untuk mengajak serta siswa/siswi SDN dalam menanam pohon agar
semenjak kecil mereka memiliki rasa kepedulaian yang besar terhadap
lingkungannya. Dalam tanggung jawab sosial PT. Indofood Sukses Makmur ini
mengadakan penanaman batang pohon sebanyak 150 di Pontianak, diantaranya 25
batang jambu, 25 batang kelapa, 25 batang sawo, 25 batang mangga dan 50 batang
lengkeng. Yang diharapkan akan bermanfaaat bagi masyarakat bukan hanya sebagai
penghijauan, tapi juga sebagai peneduh, penyerapan air, dan dikala sudah
berbuah dapat dikonsumsi bagi masyarakat setempat.
Agar acara ini dapat terlaksanakan maka PT. Indofood Sukses
Makmur harus memutar akal agar dari setiap barang yang dijual akan disisihan
sebagian uangnya yang akan digunakan sebagai pengembangan tanggung jawab social
kepada masyarakat. Agar mendapatkan hasil yang banyak makan harus diadakan
sosialisasi atau iklan yang memberitahukan bahwa ‘setiap pembelian makan kalian
akan menyumbangkan sebagian untuk kepentingan lingkungan’. Hal ini juga
bertujuan untuk masyarakat berduli akan melestarikan lingkungan dan bersedia
membantu untuk kepentingan orang banyak.
Banyak sekali nilai tambah yang dihasilkan PT. Indofood
Sukses Makmur dalam menjalankan pengembangan tanggung jawab social ini. Selain
dapat turut serta mengajak masyarakat dalam mencintai lingkungan PT. Indofood
juga menjadi usaha yang akan dipandang baik bukan hanya dari konsumen
(masyarakat), namun juga berperan serta membantu pemerintah dalam mengatasi
masalah lingkungan. Memberikan pendidikan dan edukasi bagi siswa/siswi SDN
semenjak kecil agar mencintai lingkungan dan alamnya guna kepentingan orang
banyak dan jangka panjang. Serta memberikan keuntungan banyak bagi masyrakat
sekitar khususnya masyarakat Pontianak karena akan menambah keindahan
penghijauan kota yang membuat keasrian atau kesejukan. Juga pohon yang ditanam
dapat menyerap atau menampung air jika musim kemarau datang maka masyarakat
tidak terlalu terkena dampak kekeringan atau kesulitan mendapatkan air. Dan
buah yang akan dihasilkan oleh pohon tersebut dapat dikonsumsi masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar